5. Simpan widget dan preview Blog Anda Jika Anda sudah memiliki tombol google + di atas atau di bawah posting Anda, kemungkinan widget tersebut tidak muncul. Silakan hapus kode berwarna merah jika sobat mau menghapusnya, karena mungkin bisa mempercepat loading blog. Jika Anda menggunakan template gelap / dark template, Silakan Anda dapat mencoba kode di bawah ini:

Selasa, 27 November 2012

surveilance


Soal
1.     Jelaskan yang dimaksud dengan :
a.    Diagnosis Conformed
b.    Diagnosis Suspect
c.    Diagnosis Possible
2.    Jelaskan pengertian Sensitivitas dan Spesifiktas surveilans
3.    Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari system pengumpulan data aktif
4.    Apakah yang dimaksud dengan sentinel surveillance system
5.    Apakah keterbatasan dari system Surveilans
6.    Carilah satu artikel yang terkait dengan system surveilans, berikan penjelasan mengenai: apa tujuannya, temuannya, dan simpulannya.
Jawaban:
1.     a. Diagnosis Conformed
adalah Kasus diduga yang dikonfirmasi laboratorium. Sebuah kasus yang dicurigai pada pemeriksaan laboratorium menegaskanadanya satu atau lebih patogen bawaan makanan di spesimen klinis.
b.Diagnosis Suspect
                   Sebuah kasus yang memenuhi definisi kasus klinis
c.Diagnosis Possible
          kasus suspek (possible) biasanya hanya memenuhi sebagian gejala klinis saja

2.    Sensitivitas dan Spesifitas surveilans
*     Sensitivitas (Sensitivity).
Sensitivitas suatu surveilans dapat dinilai dari kemampuan mendeteksi kejadian kasus-kasus penyakit atau kondisi kesehatan yang dipantau dan kemampuan mengidentifikasi adanya KLB.
Faktor-faktor yang berpengaruh adalah :
1)    Proporsi penderita yang berobat ke pelayanan kesehatan
2)   Kemampuan mendiagmosa secara benar dan kemungkinan kasus yang terdiagnosa akan dilaporkan
3)      Keakuratan data yang dilaporkan

Terdiri dari 2 tingkatan:
n  Pelaporan à proporsi kasus yang terdeteksi oleh surveilans
n  Kemampuan dalam deteksi KLB à kemampuan memonitor perubahan jumlah kasus
Dipengaruhi oleh:
n  Orang-orang dengan penyakit / masalah kesehatan tertentu yang mencari upaya kesehatan
n  Sensitivitas alat diagnosis 
n  Kasus yang akan dilaporkan dalam sistem
Pengukuran sensitivitas perlu :
n  Validitas informasi
n  Pengumpulan informasi diluar sistem untuk menentukan  frekuensi dari keadaan dalam masyarakat
à suatu sistem dengan sensitivitas tidak terlalu tinggi masih berguna untuk memantau trend penyakit, selama sensitivitasnya konstan; tidak konstan jika kesadaran meningkat, alat baru, artefak surveilans (perubahan)
*     Spesifitas
Spesifisitas (specificity) : kemampuan suatu tes untuk mengidentifikasi individu dengan tepat, dengan hasil negatif dan benar tidak sakit.
Spesifisitas surveilans adalah ukuran statistik mengenai akurasi tes, yaitu seberapa baik tes mengidentifikasi negatif orang-orang yang tidak memiliki penyakit atau kondisi. Kontras dengan sensitivitas
Specificity : the quality of being specific rather than general add a desirable note of specificity to the discussion|the specificity of the symptoms of the disease
3.    Surveilans aktif menggunakan petugas khusus surveilans untuk kunjungan berkala ke lapangan, desa-desa, tempat praktik pribadi dokter dan tenaga medis lainnya, puskesmas, klinik, dan rumah sakit, dengan tujuan mengidentifikasi kasus baru penyakit atau kematian, disebut penemuan kasus (case finding), dan konfirmasi laporan kasus indeks.
v  Kelebihan surveilans aktif:  lebih akurat daripada surveilans pasif, sebab dilakukan oleh petugas yang memang dipekerjakan untuk menjalankan tanggungjawab itu. Selain itu, surveilans aktif dapat mengidentifikasi outbreak lokal.
v  Kelemahan surveilans aktif, lebih mahal metode ini merupakan metode yang mahal karena harus banyak wakil yang ditunjuk pergi ke berbagai tempat untukmengumpulkan data.dan lebih sulit untuk dilakukan daripada surveilans pasif,
Meskipun data dikumpulkan oleh wakil wakil nya scecara pribadi kalau mereka mempunyai pendapat yang kabur, fakta-fakta yang dikumpulkamn ada kemungkinan tidak teliti.

4.    sentinel surveillance system  adalah sistem surveilans dimana laporan didapat dari populasi atau fasilitas tertentu karena jumlah kasusnya sangata kecil dan jarang terjadi.
Surveilans sentinel atau studi komunitas dapat memberikan epidemiologi dan informasimikrobiologi yang rinci, dan dapat memberikan gambaran yang lebih baik dari kejadian yangsebenarnya dan dampak penyakit pada populasi tertentu, tetapi ada kemungkinan besarkehilangan wabah dan dengan demikian tidak selalu mewakili pendekatan yang valid untuk deteksi wabah
Sentinel Surveilans adalah kegiatan analisis data dengan cara pengumpulan dan pengolahan data secara terus menerus yang dilakukan di wilayah/ unit yang terbatas atau sempit. (Depkes RI, 2004)
5.    keterbatasan dari system Surveilans
v  Untuk mengoprasikan surveilans penyakit berbasis web tentu dibutuhkan sebuah peralatan seperti komputer, jaringan internet, dan aplikasi untuk meng-input data ke dalam database. Peralatan tersebut akan memakan biaya yang tidak sedikit jumlahnya
v  Kinerja penyelengaraan Sistem Surveilans Epidemiologi Kesehatan diukur dengan indikator masukan, proses dan keluaran. Ketiga indikator tersebut merupakan satu kesatuan, dimana kelemahan salah satu indikator tersebut menunjukkan kinerja sistem surveilans yang belum memadai
v  Kelemahan  dari segi ketepatan waktu (timeliness), ketepatan waktu dalam surveilans yakni ketepatan dalam pengumpulan dan pelaporan data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar