5. Simpan widget dan preview Blog Anda Jika Anda sudah memiliki tombol google + di atas atau di bawah posting Anda, kemungkinan widget tersebut tidak muncul. Silakan hapus kode berwarna merah jika sobat mau menghapusnya, karena mungkin bisa mempercepat loading blog. Jika Anda menggunakan template gelap / dark template, Silakan Anda dapat mencoba kode di bawah ini:

Sabtu, 10 November 2012

TUGAS DASAR ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN akk FKM UNHAS


DASAR-DASAR
ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN
1.      Pengertian administrasi
Ø  ADMINISTRATION  IS  A  PROCESS  COMMON  TO  ALL  GROUP  EFFORT,  PUBLIC  OR  PRIVATE,  CIVIL  OR  MILITARY,  LARGE  SCALE  OR  SMALL  SCALE

ADMINISTRASI  ADALAH  PROSES  YANG  PADA  UMUMNYA  TERDAPAT  PADA  SEMUA  USAHA  KELOMPOK,  PEMERINTAH  ATAU  SWASTA,  SIPIL  ATAU  MILITER,  BESAR  ATAU  KECIL
(LEONARD  D. WHITE  DALAM  ‘INTRODUCTION  TO  THE  STUDY  OF  PUBLIC  ADMINISTRATION’,  1958)
Ø  ADMINISTRATION  AS  THE  ACTIVITIES  OF  GROUP  COOPERATING  TO  ACCOMPLISH  COMMON  GOALS

ADMINISTRASI  SEBAGAI  KEGIATAN  KELOMPOK  YANG  MENGADAKAN  KERJASAMA  UNTUK  MENYELESAIKAN  TUGAS  BERSAMA
(HERBERT  A. SIMON  et  al.,  DALAM  ‘PUBLIC  ADMINISTRATION’,  1958)
Ø  ADMINISTRATION  HAS  BEEN  DEFINED  AS  THE  GUIDANCE,  LEADERSHIP  AND  CONTROL  OF  THE  EFFORT  OF  A  GROUP  OF  INDIVIDUALS  TOWARDS  SOME  COMMON  GOAL

ADMINISTRASI  DIDEFINISIKAN  SEBAGAI  BIMBINGAN,  KEPEMIMPINAN  DAN  PENGAWASAN  USAHA  SEKELOMPOK  ORANG  UNTUK  MENCAPAI  TUJUAN  BERSAMA
(WILLIAM  H. NEWMAN  DALAM ADMINISTRATIVE  ACTION’,  1963)
Ø  Ada Kerjasama , Lebih dari satu orang , Tujuan , Wadah , Resources
2.      Pengertian Manajemen
Ø  To Manage (mengatur)
What (Apa yang diatur) ?
Why (Kenapa harus diatur) ?
Who (Siapa yang megatur) ?
 How (Bagaimana mengatur) ?
 Where (Dimana harus diatur) ?
Ø  MANAGEMENT  INVOLVES  GETTING  THINGS  DONE  THROUGH  AND  WITH  PEOPLE

MANAJEMEN  BERHUBUNGAN  DENGAN  PENCAPAIAN  SUATU  TUJUAN  YANG  DILAKUKAN  MELALUI  DAN  DENGAN  ORANG  LAIN
(H.  KOONTZ  AND  O’DONNEL  DALAM  ‘PRINCIPLE  MANAGEMENT’,  1968)
Ø  MANAGEMENT  IS  THE  UTILIZATION  OF  AVAILABLE  OR  POTENTIAL  RESOURCES  IN  ACHIEVING  A  GIVEN  ENDS

MANAJEMEN  ADALAH  PEMANFAATAN  SUMBERDAYA  YANG  TERSEDIA  ATAU  YANG  POTENSIAL  DI  DALAM  PENCAPAIAN  TUJUAN
(DITULIS  OLEH  DR. R. MAKHARITA,  EXPERT PBB,  1980)
Ø  MANAGEMENT  IS  A  DISTINCT  PROCESS  CONSISTING  OF  PLANNING,  ORGANIZING,  ACTUATING,  AND  CONTROLLING,  UTILIZING  IN  EACH  BOTH  SCIENCE  AND  ART,  AND  FOLLOWED  IN  ORDER  TO  ACCOMPLISH  PREDETERMINED  OBJECTIVES

MANJEMEN  ADALAH  PROSES  YANG  TERDIRI  ATAS  PERENCANAAN,  PENGORGANISASIAN,  PENGGERAK-AN,  PELAKSANAAN  DAN  PENGAWASAN,  DENGAN  MEMANFAATKAN  ILMU  DAN  SENI,  UNTUK  MENCAPAI  TUJUAN  YANG  TELAH  DITETAPKAN
(GEORGE  R. TERRY  DALAM  ‘PRINCIPLE  OF  MANAGEMENT’,  1960)

Ø  -     Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai
·         Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni
·         Manajemen merupakan proses yang sistematis
·         Manajemen baru dapat diterapkan jika ada dua orang atau lebih melakukan kerjasama dalam organisasi
·         Manajemen didasarkan oleh pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab
·          Manajemen terdiri dari beberapa fungsi (POACE)




Definisi Ilmu Kesehatan Masyarakat Menurut Winslow
Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni dari  pada :
·         Mencegah Penyakit
·         Memperpanjang Masa Hidup
·         Meningkatkan kesehatan fisik dan mental dan efisiensi, melalui usaha masyarakat yang terorganisir, untuk :
o   Sanitasi Lingkungan
o   Mengendalikan Penyakit menular
o   Mendidik masyarakat dalam prinsip-prinsip kesehatan perorangan
·         Pengorganisasian usaha pelayanan medis dan perawatan, dengan tujuan :
o   Diagnosa awal penyakit
o   Pengobatan pencegahan suatu penyakit
o   Mengembangkan usaha-usaha masyarakat, guna mencapai tingkatan hidup setinggi-tingginya agar masyarakat dapat memperbaiki dan memelihara kesehatannya.

SISTEM
KESEHATAN
1.      Pengertian sistem
ž  Sistem adalah gabungan dari elemen-elemen yang saling dihubungkan oleh suatu proses atau struktur dan berfungsi sebagai satu kesatuan organisasi dalam upaya menghasilkan sesuatu yang ditetapkan. (Ryans)
ž  Sistem adalah suatu struktur konseptual yang terdiri dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai satu unit organik untuk mencapai keluaran yang diinginkan secara efektif dan efisien. (John McManama).
ž   -    Suatu Kesatuan yang terdiri atas elemen-elemen/subsistem.
·         Elemen-elemen/subsistem tersebut saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain, yang apabila salah satu terganggu maka yang lainnya akan mengalami gangguan.
·         Elemen-elemen tersebut secara bersama-sama bergerak untuk mencapai tujuan.
Sub Sistem
}  Setiap sistem terdiri dari beberapa sub sistem
}  Setiap sub sistem dipandang sebagai suatu sistem tersendiri
}  Demikian seterusnya sampai pada suatu “SEGMEN”
Elemen terdiri atas:
¡  Masukan (Input) : kumpulan bagian yang dibutuhkan agar sistem dapat berfungsi.
¡  Proses : Kumpulan bagian yang dibutuhkan untuk mengubah masukan menjadi keluaran yang telah direncanakan
¡  Keluaran (output) : Kumpulan bagian yang merupakan hasil dari proses dalam sistem
¡  Umpan balik : elemen yang merupakan keluaran dan sekaligus menjadi masukan bagi sistem
¡  Dampak : akibat yang dihasilkan oleh keluaran suatu sisem
¡  Lingkungan : bagian di luar sistem tetapi mempunyai pengaruh besar terhadap sistem.
2.      Ciri – ciri Sistem:
  1. Dalam suatu sistem terdapat bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan
  2. Fungsi yang dijalankan oleh setiap elemen tersebut adalah mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan.
  3. Dalam melaksanakan fungsi tersebut kesemuanya bekerjasama secara bebas namun saling terkait satu sama lain.
  4. Sistem merupakan satu kesatuan tetapi bukan berarti ia tertutup sama sekali terhadap lingkungan di sekitarnya.
3.      Pengertian system kesehatan:
·         Sistem kesehatan adalah kumpulan berbagai faktor yang komplek dan saling berhubungan yang terdapat dalam suatu negara, yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok, dan masyarakat pada setiap saat yang dibutuhkan. (WHO : Azwar, 1996)
·         -     Sistem kesehatan berdasarkan undang-undang merupakan salah satu cara bagi pemenuhan hak-hak masyarakat oleh negara
-          Namun dalam penyelenggaraan sistem kesehatan, ternyata faktor lingkungan eksternal sangat berpengaruh terutama kepentingan politik da kemampuan ekonomi negara



4.      System kesehatan Nasional:
Sistem Kesehatan Nasional adalah tatanan yang mencerminkan upaya bangsa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mencapai derajat kesehatan yang optimal sebagai perwujudan kesejahteraan umum sebagai bagian tujuan nasional seperti yang dimaksud dalam pembukaan UUD 45 (SKN, 1984).

Sistem Kesehatan:
ž  Subsistem Upaya Kesehatan
·         Upaya Kesehatan Masyarakat
-          Melalui Puskesmas
-          Melalui Dinkes Kota, terdiri atas unit P2M, unit Promkes, unit kesling, unit perbaikan gizi ibu dan anak, dll.
-          Melalui Dinkes Propinsi, seperti institusi kesehatan jiwa, institusi gizi, institusi laboratorium, dll
·         Upaya Kesehatan Perorangan
-          Pengobatan rawat jalan, dokter praktek, pengobatan tradisional.
ž  Subsistem Pembiayaan Kesehatan
-          Penggalian dana
-          Alokasi dana
-          Pembelanjaan

ž  Subsistem Sumberdaya Kesehatan
-          Sumber Daya Manusia Kesehatan
-          Sumber daya Obat
-          Sumber daya kesehatan lain, seperti peralatan kesehatan.
ž  Subsistem Pemberdayaan Masyarakat
-          Pemberdayaan perorangan : Fokusnya adalah keteladanan dan kepemimpinan untuk pengembangan prilaku atau gaya hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Sasaran tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh agama, pembentukan kader kesehatan
-          Pemberdayaan kelompok : Fokusnya adalah peningkatan kepedulian anggota dan keterlibatan organisasi kemasyarakatan dalam upaya kesehatan. Sasaran RT/RW, kelurahan, melalui kelompok peduli sehat.
-          Pemberdayaan masyarakat : fokusnya adalah penggerakan masyarakat. Melalui wadah perwakilan masyarakat seperti badan penyantun, forum. 
ž  Subsistem Manajemen Kesehatan
-          Informasi kesehatan
-          Ilmu Pengetahuan dan teknologi
-          Peraturan dan perundang-undangan
-          Administrasi Kesehatan
Bentuk system Kesehatan:
1.       Dilihat dari Unsur Pembentukan :
¢  Sistem Kesehatan Yang dimonopoli Pemerintah
¢  Sistem Kesehatan yang didominasi oleh pemerintah
¢  Sistem Kesehatan yang didominasi oleh pihak swasta
2.      Dilihat dari pemanfaatan sumber:
·         Sistem kesehatan dimana pemanfaatan ilmu dan teknologi telah dilakukan secara optimal.
·         Sistem kesehatan yang baru tersentuh oleh kemajuan ilmu dan teknologi
·         Sistem kesehatan yang samasekali belum tersentuh oleh kemajuan ilmu dan teknologi.

Sistem Pelayanan Kesehatan:
  1. Sistem Pelayanan Medik
·         Rumah Sakit : adalah suatu organisasi yang melalui tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien (American Hospital;Azrul Azwar, 1980).
§  Fungsi Rumah sakit:
 Menyediakan dan menyelenggarakan :
o   Pelayanan Medik
o   Pelayanan Penunjang Medik
o   Pelayanan rehabilitatif
o   Pencegahan dan peningkatan kesehatan
o   Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medik.
  1. Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat (medik)
·         Puskesmas : adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan yang langsung memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terintergrasi kepada masyarakat di wilayah kerja tertentu dalam usaha-usaha kesehatan pokok.
§  Pelayanan kesehatan Puskesmas bersifat menyeluruh dan terpadu yaitu pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada semua golongan umur dan meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif melalui berbagai jenis kegiatan pokok Puskesmas.
§  Fungsi Puskesmas:
o   Merupakan Pusat Pengembangan Kesehatan Masyarakat dalam wilayah kerjanya
o   Melakukan pembinaan terhadap peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan hidup sehat.
o   Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
System Rujukan:  Sistem penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang melaksanakan pelimpahan tanggung jawab timbal balik terhadap satu kasus penyakit atau masalah kesehatan secara vertikal dalam arti unit berkemampuan kurang kepada unit yang lebih mampu atau secara horisontal dalam arti antar unit-unit yang setingkat kemampuannya. (SK Menteri;Azwar, 1986).

PERENCANAAN
1.      Pengertian Perancanaan:
o   Perencanaan : kemampuan untuk memilih satu kemungkinan dan berbagai kemungkinan yang tersedia dan yang dipandang paling tepat untuk mencapai tujuan (Billy E. Goetz)
o   Perencanaan : pekerjaan yang menyangkut penyusunan konsep serta kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan demi masa depan yang lebih baik. (Le Breton).
o   PERENCANAAN  ADALAH  SUATU  PROSES  SISTEMATIK  BERUPA  PENGAMBILAN  KEPUTUSAN  TENTANG  PEMILIHAN  SASARAN,  TUJUAN,  STRATEGI,  KEBIJAKAN,  BENTUK  PROGRAM,  PELAKSANAAN  PROGRAM  DAN  PENILAIAN  KEBERHASILAN  (EVALUASI)
o   PERENCANAAN  BERARTI  PENGAMBILAN  KEPUTUSAN  DENGAN  MEMPERHITUNGKAN  PERUBAHAN  APA  YANG  AKAN  TERJADI  (FORECASTING  OF  CHANGES
2.      Pentingnya Perencanaan:
o   Tanpa perencanaan tidak ada tujuan   yang ingin dicapai
o    Tanpa perencanaan tidak ada pedoman pelaksanaan sehingga banyak pemborosan
o    Rencana merupakan dasar pengendalian
o    Tanpa rencana tidak ada keputusan (Proses manajemen tidak ada)
o    Perencanaan suatu usaha memperkecil resiko di masa datang
3.      Jenis – jenis perencanaan
a. Jangka Waktu
            - Jangka Panjang
            - Jangka Menengah
            - Jangka Pendek
b. Frekuensi Penggunaan
            -Single Use Planning
            - Repeat Use Planning
c. Tingkatannya
            - Master Planning
            - Operational Planning
            - Day to day planning
d. Filosofi
            - Satisfising planning
            - Optimizing planning
            - Adaptiviser planning
e. Orientasi Waktu
            - Past present planning
            - Futrure oriented planning
f. Ruang Lingkup
            - Strategic Planning
            - Tactical Planning
            - Comprehensif planning
            - Integreted planning
4.      Syarat perencanaan:
Ø  Tujuan harus jelas
Ø  Uraian aktivitas yang lengkap
Ø  Jangka waktu pelaksanaan jelas
Ø  Job description harus jelas
Ø  Faktor pendukung dan penghambat
Ø  Mencantumkan standar yang dipakai untuk mengukur keberhasilan
Ø  Berpedoman kepada sistem yang sedang berlaku
Ø  Simple
Ø  Fleksibel

Analisis Situasi:
a.      ADerajat Kesehatan
  1. Kependudukan
  2. Perilaku Kesehatan
  3. Lingkungan
  4. Upaya Kesehatan
TUJUAN ANALISIS SITUASI
a.      Memahami masalah secara jelas dan spesifik
  1. Memudahkan dalam penentuan prioritas masalah
  2. Mempermudah penentuan alternatif pemecahan masalah
#. Pengertian Masalah
·         Ada kesenjangan antara realita dan harapan
·         Ada perhatian terhadap masalah tersebut
·         Ada tanggungjawab untuk mengatasi masalah tersebut
Prioritas Masalah:
  1. Bryant Method
  2. Econometrik Method
  3. Delbeq Method
4.      Hanlon Method
PELAKSANAAN / PENGARAHAN
(ACTUATING)
1.      Pengertian  Actuating
·         Actuating is setting all members of the group to want to achieve and to strike to achieve the objective willingly and keeping with the managerial planning and organizing efforts
- Actuating adalah membuat semua anggota kelompok agar mau berkerjasama dan bekerja secara iklas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanan dan usaha-usaha pengorganisasian
            (G. R. Terry, 1993)
·         Actuating is Directing and leading are the interpersonal aspects of managing by which subordinate are led to understand and contributr effe
-          Actuating adalah hubungan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya pengaturan terhadap bawahan-bawahan untuk dapat dipahami dan pembagian pekerjaan yang efektif untuk tujuan perusahaan yang nyata. (Koontz O’donnel).
·         Jadi Pengarahan adalah hubungan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya pengaturan terhadap bawahan-bawahan untuk dapat dipahami dan pembagian pekerjaan yang efektif untuk tujuan perusahaan yang nyata.

2.      Unsure – unsure yang harus diperhatikan:
A.      Kepemimpinan
B.      Motivasi
C.      Komunikasi
A.     Kepemimpinan.
1. pengertian kepemimpinan:
·         Kepemimpinan adalah hubungan yang tercipta dari adanya pengaruh yang dimiliki oleh seseorang terhadap orang lain sehingga orang lain tersebut secara sukarela mau dan bersedia bekerjasma untuk mencapai tujuan yang diinginkan.(Terry, 1993)
·         Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi prilaku orang lain untuk berpikir dan berprilaku dalam rangka perumusan dan pencapaian tujuan organisasi didalam situasi tertentu.
·         Kepemimpinan adalah suatu seni untuk menciptakan kesesuaian
·         Kepemimpinan adalah suatu bentuk inspirasi dan persuasi
·         Kepemimpinan merupakan hubungan kekuatan dan kekuasaan (suatu proses)
·         Kepemimpinan adalah cara mempengaruhi orang lain agar ikut serta dalam mencapai tujuan (suatu proses)
Pemimpin vs Bos:
n  Pemimpin adalah Teladan, tindakan
n  Bos adalah kedudukan
n  Pemimpin dihormati
n  Bos ditakuti

Leader Vs Manager:
*      Leader belum tentu manager
*      Leader bisa digunakan setiap orang dan tidak terbatas berlaku dalam organisasi (Pemimpin tidak harus dibatasi oleh aturan-aturan atau tatakrama birokrasi).
*      Manajer terikat akan aturan-aturan dan tatakrama birokratis.
# Fungsi Kepemimpinan (Hicks&Gullet,1987):
  1. Penengah : berfungsi untuk mengambil keputusan
  2. Penganjur : Menuangkan ide atau gagasan
  3. Pemenuhan tujuan : Menggerakkan anggota untuk mau bekerja secara bersama-sama
  4. Katalisator : penggerak para bawahannya
  5. Pemberi jaminan : mengatasi masalah yang muncul
  6. Mewakili : wakil dari suatu organisasi
  7. Pembangkit semangat
  8. Pemujian : Penghargaan dari orang lain, pimpinan dapat memenuhi kepentingan ini untuk bawahan
# Teori kepemimpinan:
  1. Teori Bakat
            Merupakan teori klasik. Adanya bakat yang dibawa sejak lahir
  1. Teori Situasi
            Terbentuk oleh adanya suatu situasi. Seseorang dapat menjadi pemimpin  apabila ia mempunyai pendidikan dan pengalaman
  1. Teori Lingkungan
            Karena ada bakat dalam diri seseorang dan ditunjang oleh adanya pendidikan dan pengalaman. 
# Gaya Kepemimpinan:
  1. Kepemimipinan Otokratis
            Semua keputusan tergantung pada seseorang
  1. Kepemimpinan Demokratis
            Melibatkan para anggota untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan
  1. Kepemimpinan Liberal
            Para anggota memiliki kebebasan penuh dalam pengambilan keputusan. Pemimpin berpartisipasi minimum.
# Kualitas yang diharapkan dari seorang pemimpin :
n  Integritas : Kualitas yang membuat orang percaya
n  Antusiasme : Keingin yang kuat untuk berusaha
n  Kehangatan : Orang yang kaku tidak cocok menjadi pemimpin
n  Ketenangan : “Pertimbangan nalar” dan keputusan yang diambil dgn tenang
n  Tegas dan adil : Kombinasi keduanya
# Upaya Peningkatan  Kepercayaan Diri :
l  Pertama : Anda adalah guru terbaik bagi anda sendiri
l  Kedua : Terimalah tanggung jawab, jangan salahkan siapapun
l  Ketiga : Anda dapat belajar apa pun yang ingin anda pelajari
l  Keempat : pengertian yang benar berasal dari pencerminan dalam pengalaman anda.
B.      Motivasi
1.      Pengertian motivasi: Merupakan dorongan yang dimiliki oleh seseorang sehingga orang tersebut mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan secara efisien.

1.         Self Actualization Needs
kebutuhan akan aktualisasi diri dengan menggunakan kecakapan, kemampuan, keterampilan dan potensi diri yang ada
2.         Esteem Needs
            Kebutuhan akan penghargaan diri, status, gengsi, prestise.
  1. Social Needs
            Kebutuhan akan teman, dicintai dan mencintai, kebutuhan akan perasaan diterima oleh orang lain dan lingkungannya
4.         Safety Needs
            Kebutuhan akan keamanan dari ancaman,baik fisik maupun materi.
5.         Basic Needs
            Kebutuhan yang diperlukan untuk kelangsungan hidupnya, seperti makan, minum, udara, perumahan, dan lain-lain.
# Hezberg Two Factors  Motivation Theory
n  Pemuas (Motivator)
            Menghasilkan prestasi kerja meliputi rasa tanggungjawab, prestasi adanya pengakuan, pekerjaan itu sendiri serta adanya pengembangan diri.
n  Hygiene
            Ketidakpuasan pekerja. Membantu manusia dalam menghindarkan keadaan yang tidak menyenangkan. Seperti gaji/upah, kondisi kerja, kebijaksanaan dan administrasi perusahaan, hubungan antar pribadi.
# Perbedaan Maslow’s Hierarchy Theory dan Herzberg’s Two factors Motivation Theory:
¡  Maslow mengemukakan bahwa kebutuhan-kebutuhan manusia itu sendiri terdiri dari lima tingkat sedangkan Herzberg mengelompokkannya kedalam dua kelompok.
¡  Menurut Maslow semua tingkat kebutuhan itu merupakan alat motivator, sedang herzberg (gaji, upah dan sejenisnya) bukan alat motivasi, hanya merupakan alat pemeliharaan saja. Yang menjadi motivator adalah yang berkaitan langsung dengan pekerjaan itu.
¡  Teori maslow dikembangkan hanya berdasarkan pengamatan sedangkan Herzberg berdasarkan hasil penelitiannya.

C.      Komunikasi

1.      Pengertian Komunikasi:
*      Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
*      Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu:
*      Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.




2.      Proses komunikasi
Proses komunikasi adalah bagaimana sang komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).

3.      Unsur – Unsur Komunikasi:
*      Sumber
*      Berita/Pesan
*      Sasaran penerima pesan
*      Saluran komunikasi/perantara
*      Tujuan penyampaian pesan
*      Umpan balik
4.      Fungsi komunikasi:
William I. Gorden (dalam Deddy Mulyana, 2005:5-30) mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi empat, yaitu:
}  Sebagai komunikasi sosial
}  Sebagai komunikasi ekspresif
}  Sebagai komunikasi ritual
}  Sebagai komunikasi instrumental



DAFTAR PUSTAKA

}  Microsof office  Powerpoint:
v  Bab I pendahuluan
v  Bab 2 sistem kesehatan edit
v  P_2  perencanaan Dasmen
v  Leadership
v  Motivasi
v  Kepemimpinan
















Tugas AKK
RINGKASAN MATERI
ADMINISTRASI dan KEBIJAKAN KESEHATAN
Di Susun
 Oleh:

                        Nama                          : FITRIANI
                        Kelas                            : C AKK
                        Nim                             : K11111020

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2011



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar