5. Simpan widget dan preview Blog Anda Jika Anda sudah memiliki tombol google + di atas atau di bawah posting Anda, kemungkinan widget tersebut tidak muncul. Silakan hapus kode berwarna merah jika sobat mau menghapusnya, karena mungkin bisa mempercepat loading blog. Jika Anda menggunakan template gelap / dark template, Silakan Anda dapat mencoba kode di bawah ini:

Kamis, 06 Desember 2012

tugas Dasar - dasar gizi FKM unhas jurusan KESMAS


PENUNTUN BELAJAR
MK Ilmu Gizi Dasar

Petunjuk:
1.      Penuntun belajar dalam bentuk kasus ini dibuat hanya untuk membantu Anda mengikuti proses pembelajaran dengan baik untuk MK ini.  Kasus ini hanya fiktif belaka dan dibuat sedemikian rupa agar menyerupai kondisi yang banyak ditemukan di masyarakat.
2.      Gunakan Pertanyaan dalam kasus ini untuk mengevaluasi sejauh mana Anda telah mengikuti MK dengan baik.  Anda diharapkan segera menjawab pertanyaan-pertanyaan setelah topik terkait selesai dibahas atau disampaikan di kelas.
3.      Jawaban dari setiap pertanyaan dapat dilihat pada Diktat atau Textbook yang disediakan.  Anda bisa juga mendiskusikan dengan teman Anda atau menanyakan kepada dosen penanggungjawab MK.
4.      Beberapa pertanyaan tidak dibahas di kelas, dan mungkin tidak ada pada sumber bacaan yang ada, sehingga Anda harus mencari dari sumber lain.
5.      Setiap pertanyaan terdiri dari 2 atau 3 pertanyaan.  Anda diminta menjawab sejelas mungkin dan semaksimal kemampuan Anda.  Usahakan menjawab dengan minimal 5 kalimat untuk pertanyaan yang diminta untuk menjelaskan.
6.      Di akhir semester, Anda diharapkan bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan tanpa melihat buku atau catatan.
7.      Selamat menikmati proses pembelajaran ini.

KASUS
Pak Ahmad (41 tahun) hidup berbahagia dengan 2 anaknya, Mardiah (15 tahun) dan Andi (10 tahun), serta istrinya Rahmah (33 tahun) yang dicintainya. Pak Ahmad bekerja sebagai guru SD yang tidak begitu jauh dari rumahnya.  Di sore hari, pak Ahmad menggunakan waktu sorenya untuk berkebun.  Berbagai jenis sayuran ditanamnya.  Ada juga beberapa pohon buah-buahan yang tumbuh di sekitar rumahnya.  Semua hasilnya dikonsumsi sehari-hari bahkan dibagi kepada beberapa tetangganya.  Untuk lauk pauk, keluarga pak Ahmad sering memberi ikan yang ditawarkan oleh penjual setiap pagi.  Jarang sekali keluarga ini mengkonsumsi daging dan telur, kecuali pada hari-hari tertentu, seperti pesta perkawinan dan lebaran.
Umumnya pak Ahmad mengkonsumsi sarapan nasi bersama lauk sebelum berangkat ke tempat kerjanya.  Di siang hari, umumnya istrinya menyiapkan nasi, beserta ikan bakar kesukaannya, dan sayur yang seringkali dimasak bersama santan kelapa.  Hampir setiap hari pak Ahmad dan keluarga menikmati buah dari kebunnya dan kadang, saat ketersediaannya melimpah, sebagian hasil sayur dan buahnya dijualnya ke pasar. Di malam hari, pak Ahmad menikmati makan malam bersama ke dua anaknya dan istrinya.  Umumnya dihindangkan nasi bersama ikan serta sayur yang telah dimasak di siang harinya.
Dari status kesehatan, pak Ahmad termasuk sehat, walaupun pernah didiagnosis dengan kadar gula darah agak tinggi (Pradiabetes). Kebetulan dengan aktifitasnya berkebun dan status gizi IMT=24 membuat pak Ahmad bisa cepat pulih setelah mengurangi jumlah nasi yang dikonsumsi setiap kali makan.  Kedua anaknya termasuk cukup cerdas dan punya status gizi yang normal dan ke duanya senang mengkonsumsi sayur dan buah dari hasil kebunnya.  Disamping itu, keluarga pak Ahmad menggunakan Garam Beryodium dalam makanan sehari-hari.  Yang biasanya mengeluh sakit adalah istri pak Ahmad.
Suatu hari, pak Ahmad menemukan istrinya tergeletak di depan kamarnya.  Saat dibawa ke Puskesmas, istrinya dinyatakan positif hamil 4 bulan dan menderita anemia tingkat ringan.  Kondisi Istrinya yang agak kurus (IMT=17) sangat dikhawatirkan dokter.  Apalagi istri pak Ahmad tidak doyan mengkonsumsi sayur dan buah seperti anak-anaknya.  Berbagai upaya dilakukan pak Ahmad agar istrinya mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dari biasanya.  Dokter juga mengingatkan pak Ahmad agar memperhatikan kebutuhan air buat istrinya disamping istrahat yang cukup.

Pertanyaan:
  1. Menurut Anda, apakah keluarga pak Ahmad telah menerapkan prinsip Gizi Seimbang dalam konsumsi makanannya? Jelaskan.
  2. Apa bedanya konsep Gizi Seimbang dengan konsep Empat Sehat Lima Sempurna? Mengapa lebih banyak masyarakat yang tahu empat sehat lima sempurna dibanding gizi seimbang?
  3. Menurut Anda, faktor-faktor apa saja yang ada dalam keluarga pak Ahmad yang terkait dengan penyediaan makanan di tingkat keluarga? (sebutkan minimal 10 faktor)
  4. Kasus terbanyak kekurangan gizi di masyarakat, masih sangat tampak pada pertumbuhan anak yang tidak optimal di Indonesia.  Bagaimana pertumbuhan anak di Indonesia? Bedakan stunting, wasting, dan undernutrition.
  5. Selain zat gizi, faktor non-gizi yang dikenal dengan Phyto-chemical agent (fitokimia) sangat diperlukan oleh tubuh kita.  Sebutkan jenis-jenis fitokimia yang diketahui mencegah penyakit kanker?
  6. Makanan yang kita konsumsi harus halal lagi baik. Apa saja kriteria makanan disebut halal? Sebutkan jenis makanan yang Anda khawatirkan kehalalannya? Bagaimana hal ini dihubungkan dengan penyakit yang ada di Indonesia.
  7. Bila Anda makan, maka sebaiknya mencuci tangan, bahkan dianjurkan berwudhu terlebih dahulu.  Mengapa?  Apa hubungannya dengan penyakit menular yang masih banyak di Indonesia?
  8. Apa saja sumber utama dari karbohidrat, lemak, dan protein dari pola makan keluarga pak Ahmad? Apakah sumber bahan makanan tersebut, dalam keluarga pak Ahmad, cukup bervariasi?
  9. Gambarkan mekanisme terjadinya Prediabetes yang diderita pak Ahmad?  Apa hubungannya penyakit ini dengan konsumsi nasi? Jelaskan.
  10. Pada keluarga ini, pak Ahmad menderita penyakit degeneratif, istrinya kekurangan gizi, dan anak-anaknya dengan status gizi normal.  Padahal mereka hidup dalam satu keluarga dengan pola makan yang sama.  Bagaimana hal ini dijelaskan?
  11. Kelebihan konsumsi makronutrient (gizi makro) berakibat obesitas yang banyak diderita baik oleh masyarakat di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia.  Sebutkan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi obesitas?
  12. Indeks Glikemik (IG) adalah indeks yang memperlihatkan kecepatan tersedianya glukosa dalam darah dari makanan yang dikonsumsi.  Sebutkan masing-masing 5 jenis makanan yang mempunyai IG tinggi, IG sedang, dan IG rendah.
  13. Apa bedanya kandungan KH sederhana yang ada pada gula meja (gula putih) dan yang ada pada Madu?  Betulkan, madu tidak dianjurkan pada penderita Diabetes? Mengapa?
  14. Pemanis buatan seperti aspartam banyak tersedia di pasaran yang banyak digunakan oleh industri minuman.  Sebutkan 10 produk makanan yang menggunakan aspartam, dan sebutkan pula akibat yang bisa muncul dari konsumsi pemanis buatan ini?
  15. Sumber lemak dan protein sangat diperlukan oleh ibu Ahmad (dengan IMT yang rendah).  Berikan alternatif makanan yang mengandung lemak dan protein yang cukup dengan harga yang terjangkau oleh keluarga pak Ahmad.
  16. Saat masuk ke dalam tubuh, sebagian glukosa (KH) telah diserap di Lambung sedangkan protein dan lemak nanti diserap di usus halus.  Jelaskan mekanisme penyerapan dari ke tiga unsur gizi makro ini.
  17. Hormon apa saja yang terlibat dalam pencernaan untuk ke tiga unsur gizi makro? Jelaskan mekanisme kerja hormon yang terkait dengan pikiran kita?
  18. Pada saat kita berpikir negatif atau kondisi stress, proses pencernaan bisa terganggu. Jelaskan bagaimana mekanisme kejadian ini? Penyakit apa saja yang bisa muncul dari keadaan ini?
  19. Puasa menjadikan proses pencernaan kita menjadi lebih baik.  Mohon dijelaskan.  Pada kondisi yang bagaimana seseroang dianjurkan untuk sering berpuasa?
  20. Sebutkan sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa Anda tawarkan kepada keluarga pak Ahmad?
  21. Mengapa sumber lemak tidak jenuh ikatan rangkap dianggap mencukupi dalam keluarga pak Ahmad? Apakah ini terlihat memberi dampak positif terhadap keluarga pak Ahmad?
  22. Apa saja akibat dari keluarga yang kurang mengkonsumsi lemak tidak jenuh baik ikatan tunggal maupun ikatan rangkap?
  23. HDL adalah jenis kolesterol baik sedangkan LDL disebut kolesterol jahat.  Mengapa HDL menurun pada konsumsi karbohidrat yang berlebihan? Apa ada pengaruhnya terhadap LDL?
  24. Sumber protein yang baik berasal dari hewani.  Selain daging, ikan dan telur, sebutkan sumber protein hewani lainnya yang bisa ditawarkan pada keluarga pak Ahmad?
  25. Apakah masyarakat Indonesia termasuk pengkonsumsi ikan terbesar di dunia? Mengapat? Jelaskan manfaat ikan terhadap umur harapan hidup manusia?
  26. Mengapa orang Indonesia jarang mengkonsumsi telur dalam makanan sehari-harinya?  Menurut Anda, upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini?
  27. Daging berwarna merah seperti pada daging kambing dan daging sapi, harus dibatasi pada mereka yang gemuk, mengapa? Apa hubungannya dengan penyakit hiperkolesterolemia?
  28. Kolesterol menjadi momok bagi kaum dewasa di perkotaan.  Bagaimana bisa seseorang mengalami tingkat kolesterol dalam darah dalam jumlah yang sangat tinggi? Apakah ini berhubungan juga dengan pikiran?
  29. Absorpsi lemak sangat dipengaruhi oleh tersedianya empedu. Apa saja faktor yang menyebabkan lemak tidak terserap dengan baik dalam tubuh?
  30. Sebutkan masing-masing 5 jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dengan masing-masing kandungan vitamin dan mineralnya yang terkandung di dalamnya?
  31. Apa saja jenis makanan yang menjadi sumber Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C di keluarga pak Ahmad. 
  32. Menurut Anda, apa yang harus dilakukan oleh keluarga pak Ahmad agar tidak mengalami kekurangan vitamin A? Sebutkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketersediaan vitamin A pada makanan seseorang?
  33. Apakah kekurangan vitamin A berkontribusi terhadap penyakit anemia yang diderita oleh ibu Ahmad? Jelaskan jawaban Anda.
  34. Vitamin E sangat dihubungkan dengan fungsi antioksidannya.  Bagaimana agar konsumsi vitamin ini cukup dalam makanan kita.
  35. Asam folat sangat penting dalam pertumbuhan sehingga diperlukan cukup pada ibu hamil.  Apa upaya yang dilakukan agar ibu Ahmad memperoleh asam folat yang cukup selama kehamilannya?
  36. Vitamin D diperoleh dari proses yang melibatkan sinar matahari di pagi hari.  Mengapa masih banyak anggota masyarakat yang mengalami kekurangan vitamin D di Indonesia?
  37. Sebutkan beberapa mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang?  Apakah keluarga pak Ahmad cukup memperoleh jenis mineral tersebut?
  38. Mengapa kalsium dianggap masih rendah tersedia pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia? Apasaja faktor yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis?
  39. Kalium adalah unsur mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pengaturan keseimbangan elektrolit.  Sebutkan 10 nama bahan makanan yang kaya akan kalium? Apa hubungan unsur kalium dengan kejadian Hipertensi?
  40. Makanan apa saja yang kaya akan mineral yang diperlukan untuk kecerdasan otak? Apakah anak-anak Indonesia sudah memperoleh mineral tersebut?
  41. Mineral apa saja yang banyak ditemukan pada makanan laut? Mengapa mineral-mineral ini dianggap penting?
  42. Zink merupakan mineral yang mendapat banyak perhatian dalam beberapa dekade terakhir ini.  Mengapa? Apa hubungannya zink dengan pertumbuhan balita? Apa kedua anak pak Ahmad memperoleh zink yang cukup?
  43. Yodium selalu dikaitkan dengan kecerdasan.  Jelaskan hubungan antara konsumsi garam beryodium dengan kecerdasan. Apakah seluruh masyarakat Indonesia sudah memperoleh yodium yang cukup?
  44. Apa yang dikhawatirkan akan terjadi bila ibu Ahmad tetap menderita anemia dalam kehamilannya? Bagaimana cara agar hal ini diatasi?
  45. Berapa jumlah air yang harus dikonsumsi ibu Ahmad dalam sehati? Apa saja fungsi air dalam tubuh kita?
  46. Air dalam tubuh manusia menjadi mediasi dari hampir semua proses metabolisme.  Apa hubungannya dengan konsumsi air yang telah diberikan perkataan yang baik, seperti berisi kalimat-kalimat doa atau dzikir?
  47. Menurut Anda, apakah dengan mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik dan minum air yang didoakan dapat menyembuhkan penyakit seseorang?
  48. Mengapa ibu hamil seperti ibu Ahmad dianjurkan untuk banyak beristrahat? Selain istrahat, dukungan apalagi yang diperlukan oleh Ibu Ahmad agar dapat menjaga kehamilannya dengan baik?
  49. Sejak kapan Ilmu Gizi berkembang di Indonesia?  Sebutkan minimal 5 tokoh Gizi dunia dan nasional yang Anda ketahui? Apa latar belakang ilmu yang mereka punyai?
  50. Dalam dekade terakhir ini, Gizi dianggap sebagai Dasar Pembangunan Bangsa. Jelaskan pernyataan ini.

2 komentar:

  1. kak, klu kuliah ngambil jurusan ilmu gizi nanti insya Allah klu dah selesai kerjanya dimana?
    di rumah sakit atau di puskesmas

    BalasHapus
  2. maaf yah baru bales dek...
    sbenarnya sy bukan jurusan gizi dek...
    tapi sempat belajar juga dasar - dasar gizi krn seFakultas.

    menurut yg sy tau, prospek kerja jursan ilmu gizi itu bisa d puskesmas dan rumah sakit juga dek... bisa juga jadi Perencana Program Pangan dan Gizi di Lembaga Swadaya Masyarakat,Dinas Kesehatan kota , kabupaten dan propinsi,peneliti di lembaga penelitian gizi dan kesehatan, staf pengajar di institusi pendidikan pemerintah dan swasta, konsultan dan ahli gizi di bidang industri pangan & jasa makanan, dan masih banyak lg dek prospek kerjanya... :)

    BalasHapus