Public Relations (CITRA)
RENCANA MARKETING PUBLIC RELATIONS
Produk sabun kecantikan CITRA
Sabun kecantikan keluaran terbaru
dari Citra merupakan terobosan baru, karena sebelumnya produk unilever ini
hanya mengeluarkan produk berupa hand n body lotion, sabun dalam bentuk cair
serta pembersih muka dan penyegar. Karena permintaan pasar yang terus meningkat
maka Unilever mengeluarkan produk sabun citra dalam bentuk sabun keras, hal ini
dimaksudkan untuk menambah jumlah segmen pasar yang menggunakan produk unilever
terutama citra, kita sudah mengetahui bahwa produk –produk yang dikeluarkan
oleh unilever pasti menggunakan bahan asli dari Indonesia, dan telah terbukti
mempunyai khasiat yang positif bagi kulit masyarakat Indonesia.
Produk sabun citra ini mengandung
bahan alami dari Indonesia, bahan tersebut adalah bengkoang, bengkoang sudah
lam dikenal dalam dunia kecantikan untuk meremajakan dan menyehatkan kulit.
Pasar sasaran
Sabun kecantikan citra membidik para
perempuan yang menginginkan kulit sempurna, bukan hanya kulit putih bersih,
akan tetapi kulit putih, bersih dan sehat. Maka produk sabun kecantikan ini
cocok digunakan untuk semua kulit, baik remaja maupun ibu-ibu rumah tangga,
yakni bagi perempuan yang umur 15-35 tahun.
Perempuan Surabaya khususnya telah
terbukti sebagai pasar utama dari sabun kecantikan citra ini, karena perempuan
Surabaya mayoritas adalah perempuan sibuk. Disamping sebagai perempuan sibuk,
wilayah Surabaya sangat cocok untuk produk ini. Karena sabun citra mengandung
tabir surya yang mampu menghalau paparan sinar matahari jahat yang akan merusak
kulit, dan akan membuat kulit menjadi kusam. Surabaya adalah kota metropolis
kedua setelah ibu kota Jakarta, karena merupakan kota metropolitan yang sangat
padat maka tingkat polusi yang ada di Surabaya juga sangat tinggi, perlu kita
ketahui bahwa polusi dari kendaraan bermotor ini juga mampu merusak kulit kita.
Karena kulit perempuan Indonesia memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga
mudah rusak, maka solusinya pakailah sabun citra secara rutin. Sabun ini tidak
hanya menjadikan kulit enak di pandang dengan warna yang cerah dan bersih, serta
menjadikan kulit wanita Indonesia lebih sehat
Lingkungan (SWOT)
Analisis SWOT (singkatan bahasa
Inggris dari "kekuatan"/strengths, "kelemahan"/weaknesses,
"kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) adalah
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau
proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan
yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Teknik ini dibuat oleh Albert
Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa
1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune
500.
Dalam produk Citra ini kekuatan
berarti apa yang ada dalam produk ini dan juga tidak terdapat pada produk
sejenis lainnya, dalam hal ini sabun citra mempunyai kekuatan yaitu menjadikan
kulit sehat dan cerah, karena mengandung bahan sari bengkoang yang sudah
dipercaya sejak dahulu kala, jadi tidak perlu diragukan lagi tentang keunggulan
dari produk ini, namun jangan dianggap enteng tentang adanya produk lain yang
selalu menjadi saingan dari produk kecantikan unilever ini, maka kita perlu
melihat dan mempelajari kelemahan dari produk lain, setelah meluhat kelemahan
produk lain maka kita mampu mengisi kekurangan tersebut dengan kekuatan dari
produk kita. Setelah mengetahui kekurangan dari produk lain tersebut maka
kesempatan akan terbuka lebar, sehingga kita mampu meminimalis kekuatan dari lawan
produk kita tersebut. Lawan atau produk sejenis lainnya adalah ancaman bagi
produk kita, ancaman tersebut akan menjadi pemicu kita untuk menjadi lebih
kuat, sebelum produk lain mengeluarkan varian produk baru seharusnya kita
menjadi pemimpin, maka kita harus mendahului mengeluarkan varian yang lebih
banyak, namun tidak meninggalkan identitas kita agar pelanggan tidak meninggalkan
kita.
Selama ini perempuan Surabaya, kalau
memulai aktivitas hanya memakai tabir surya yang didapat dari hand and body
lotion untuk menjaga kulitnya, namun perlu diketahui bahwa penggunaan sabun
mandi yang berbahan dasar bengkoang juga sangat penting, karena tabir surya
dalam lotion hanya mampu melindungi kulit bagian luar saja, untuk melindungi
kulit bagian dalam hanya di dapat dari sabun yang kita pakai untuk mandi. Dan
itu pula yang terdapat pada sabun Citra sari bengkoang ini
Market Goal
Market goal atau sasaran dari produk
sabun kecantikan citra ini adalah semua perempuan yang menginginkan
kesempurnaan pada kulitnya, bukan hanya putih dan cerah saja, namun sabun
kecantikan ini juga menyehatkan kulit, karena mengandung sari bengkoang yang
telah terkenal khasiatnya sudah terkenal sejak dulu untuk menjaga kesehatan
kulit serta mencerahkan kulit wanita Indonesia.
Sasaran dari produk ini bukan hanya
untuk ibu-ibu rumah tangga saja namun remaja putri juga, Kita semua mengerti
bahwa kecantikan wanita bukan pada pertama kali terlihat terpancardari
fisiknya, maka dari itu kami menciptakan produk baru keluaran unilever berupa
sabun mandi batangan citra, untuk melengkapi kecantikan anda sepanjang hari.
Perempuan Indonesia pada umumnya dan Surabaya pada khususnya, mempunyai aktivitas yang sangat banyak, sehingga terkadang mereka lupa akan kodrat dia sebagai perempuan, sehingga melupakan tentang kecantikan kulit yang ada pada dirinya. Wanita Surabaya banyak yang beraktivitas diluar ruangan sehingga kontak langsung dengan sinar matahari jahat begitu banyak, salah satu cara untuk melindungi kulit tersebut adalah dengan melapisi kulit dengan yabir surya dan juga merawat kesehatan kulit tersebut dari dalam.
Perempuan Indonesia pada umumnya dan Surabaya pada khususnya, mempunyai aktivitas yang sangat banyak, sehingga terkadang mereka lupa akan kodrat dia sebagai perempuan, sehingga melupakan tentang kecantikan kulit yang ada pada dirinya. Wanita Surabaya banyak yang beraktivitas diluar ruangan sehingga kontak langsung dengan sinar matahari jahat begitu banyak, salah satu cara untuk melindungi kulit tersebut adalah dengan melapisi kulit dengan yabir surya dan juga merawat kesehatan kulit tersebut dari dalam.
Rekomendasi Marketing Public Relations
Sasaran MPR
Sasaran produk sabun kecantikan ini
adalah para perempuan yang aktif namun tetap ingin kelihatan cantik dan
semangat, dalam hal ini unilever menjawab tantangan itu dengan terciptanya
produk sabun kecantikan yang terbuat dari bahan- bahan alami yang ada di
Indonesia sehingga cocok dengan kulit perempuan negeri ini.
Bahan sabun mandi cita ini sari buah
bengkoang pilihan yang sudah diolah dengan higienis dan ditambah dengan
ramuan-ramuan asli Indonesia lainnya yang menunjang serta memaksimalkan sabun
citra tersebut,
Strategi MPR
Dalam memasarkan produk sabun
kecantikan citra, kita perlu memberikan pengetahuan terhadap konsumen tentang
pentingnya kesehatan kulit bagi para perempuan, karena produk sabun ini adalah
produk baru yang belum semua masyarakat mengerti dan tahu tentang produk
keluaran unilever, maka perlu diadakan sosialisasi kepada perempuan perempuan
Indonesia pada umumnya dan perempuan Surabaya pada khusunya.
Cara pengenalan produk sabun citra
kepada remaja terutama yang masih duduk di sekolah, dengan cara mendatangi
sekolah-sekolah tesebut dan mengadakan seminar tentang kesehatan kulit, dan
bagi peserta seminar diberikan sabun citra secara Cuma-Cuma, sehingga setelah
mengetahui fungsi dan manfaat dari sabun tersebut maka mereka akan menggunakan
produk tersebut. Bisa juga dengan mengadakan perlombaan kulit sehat, dan produk
unilever akan memberikan hadiah yang menarik, dalam acara tersebut citra
memberikan konsultasi gratis dan mendirikan rumah cantik citra disekolah
tersebut sehingga mereka akan mengenal lebih dekat dengan produk tersebut.
Bagi ibu-ibu rumah tangga, cara
pengenalan produk citra dengan mendatangi perkumpulan-perkumpulan semisal
arisan atau acara lainnya seperti pengajian. Dalam acara tersebut pihak
unilever memberikan produk sabun citra secara gratis sebagai perkenalan. Lain
halnya dengan wanita karier yang memiliki waktu luang yang minim, maka kita
sebagai pihak produsen harus lebih aktif untuk menjemput bola, dengan cara
mendatangi perkantoran-perkantoran atau tempat kongkow- kongkow mereka.
Rekomendasi MPR
Program ini berguna untuk
mengenalkan dan menciptakan kecintaan masyarakat Indonesia terutama para perempuan
untuk lebih mencintai produk-produk dalam negeri, karena produk dalam negeri
terbuat dan dibuat di Indonesia sehingga lebih cocok dengan kulit perempuan
Indonesia. Rawatlah kulit sedini mungkin sebelum penyesalan dating menimpa
anda, kulit yang sehat cerah terawatt adalah idaman setiap wanita, dengan kulit
yang sehat dan cerah, maka kepercayaan diri akan tercipta dengan sendirinya.
Merawat kulit agar tetap sehat dan cerah tidaklah sulit dan mahal, karena
adanya produk baru dari unilever, yakni sabun mandi citra yang terbuat dari
sari bengkoang pilihan, yang sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai
pencerah dan menjaga kesehatan kulit.
Kalau bukan kita warga Indonesia
maka siapa lagi yang akan mencintai produk-produk putra pertiwi ini. Karena
produk dalam negeri tidak kalah dengan produk import, serta produk dalam negeri
pasti diciptakan untuk kulit daerah tropis.
Media
Media yang cocok dalam pengenalan
produk terbaru sabun citra ini adalah iklan melalui media televisi, dalam
pemasangan iklan tersebut sebaiknya pada saat jam-jam konsumtif yakni antara
jam 8 pagi sampai jam 8 malam, karena pada jam- jam tersebut banyak acara yang
diminati ibu-ibu serta remaja putri, semisal sinetron yang sedang naik daun.
Dengan media televisi tujuan yang ingin dicapai akan lebih mengena kekonsumen,
karena media televisi lebih nyata dan lebih mudah mempengaruhi.
Media promo yang tidak kalah
pentingnya adalah pengadaan event-even berupa konser atau seminar untuk para
remaja dengan mendatangi ke sekolah sekolah tempat mereka belajar, sehingga
mereka mengenal produk keluaran unilever terbaru ini bukan hanya di televisi
atau dikoran, namun mereka akan bertemu langsung dengan para pakar kesehatan
kulit. Acara ini juga dengan menghadirkan beberapa artis yang menjadi brand ambassador
dari produk sabun ini supaya mereka mampu menceritakan pengalaman sebelum dan
sedudah memakai sabun tersebut. Dalam acara tersebut hendaknya dibagikan sabun
secara gratis dan diadakan konsultasi gratis dengan dokter kulit, serta
dibagikan selebaran tentang produk tersebut. Fungsinya, supaya mereka dengan
sendirinya memberikan penilaian terhadap sabun citra, sehingga setelah mereka
menggunakan produk tersebut, akan merasakan perubahan pada kulitnya, pastinya
perubahan yang positif, dengan semakin cemerlang dan sehat setelah memakai
sabun citra ini, sehingga mereka akan selalu menggunakan produk unilever untuk
kebutuhan sehari hari supaya kulit indahnya tetap terjaga.
Evaluasi
Mengadakan acara open house dengan
cara mengadakan event disekolah sekolah ternama di Surabaya dengan diiringi
dengan band band terkenal dari kota Jakarta, pengunjung yang di prediksi hanya
1000 orang ternyata yang dating lebih dari 3000 orang sehingga pelayanan yang
diberikan oleh pihak unilever kurang maksimal, dan masih banyak pelanggan yang
kurang puas dengan jawaban yang diberikan pada sesi Tanya jawab atau
konsultasi, Karena pihak unilever hanya menyediakan waktu 15 menit tiap
orangnya, dan dokter kulit atau pakar kesehatan yang membantu dalam program ini
hanya 10 orang, sehingga mereka sangat kuwalahan, namun persediaan sabun citra
gratis mencukupi untuk semua pengunjung dan berjalan tertib. Sehingga kurang
puasnya pengunjung terobati dengan diberikannya sabun gratis dan juga hiburan
yang diberikan oleh panitia. Dari segi fasilitas yakni lapangan sekolahan,
ternyata mampu menampung 3000 pengunjung yang hadir biarpun situasi dirasa
kurang nyaman, karena terlalu banyaknya pengunjung, namun bisa dibilang acara
ini sukses.
Kesimpulan
Acara open house dengan mendatangkan
bintang tamu band dari Jakarta yang diselenggarakan di lapangan sekolah SMU
ternama di Surabaya berjalan dengan lancar dan sukses, dengan dihadiri 3000
pengunjung yang mayoritas remaja putri, acara tersebut selain mmembagikan sabun
citra secara gratis juga ada acara konsultasi gratis tentang kulit yang
dihadiri oleh dokter specialist kulit serta ahli kecantikan yang sudah
mempunyai kredibilitas yang mumpuni di masyarakat. Namun acara ini kurang
sempurna, karena jumlah pengunjung yang diprediksi hanya berkisar 1000 orang
ternyata yang hadir 3000 an orang, sehingga terjadi beberapa hal yang terjadi
diluar prediksi pihak panitia. Untuk mencegah terjadinya kejadian yang kurang
berkenan seperti diatas, maka untuk event yang akan dating seharusnya
mengadakannya di acara tersebut ditempat yang lebih luas lagi, dan mendatangkan
konsultan kecantikan lebih banyak lagi sehingga semua pengunjung menjadi puas
dngan event tersebut.
Pengalaman baik adalah guru yang
terbaik namun pengalaman yang kurang baik hendaknya menjadikan pelajaran bagi
kita untuk menjadi yang lebih baik. Dengan adanya pengalaman ini maka pihak
unilever mempunyai selangkah lebih maju disbanding dengan produk lain yang
sejenis, karena event event yang diadakan oleh unilever lebih variatif dan
lebih dapat menarik minat pengunjung dengan hiburan serta acara yang menarik
dan bermanfaat.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar