5. Simpan widget dan preview Blog Anda Jika Anda sudah memiliki tombol google + di atas atau di bawah posting Anda, kemungkinan widget tersebut tidak muncul. Silakan hapus kode berwarna merah jika sobat mau menghapusnya, karena mungkin bisa mempercepat loading blog. Jika Anda menggunakan template gelap / dark template, Silakan Anda dapat mencoba kode di bawah ini:

Kamis, 06 Desember 2012

tugas marketing Public Relation produk CITRA


RENCANA MARKETING PUBLIC RELATIONS

Produk sabun kecantikan CITRA
Sabun kecantikan keluaran terbaru dari Citra merupakan terobosan baru, karena sebelumnya produk unilever ini hanya mengeluarkan produk berupa hand n body lotion, sabun dalam bentuk cair serta pembersih muka dan penyegar. Karena permintaan pasar yang terus meningkat maka Unilever mengeluarkan produk sabun citra dalam bentuk sabun keras, hal ini dimaksudkan untuk menambah jumlah segmen pasar yang menggunakan produk unilever terutama citra, kita sudah mengetahui bahwa produk –produk yang dikeluarkan oleh unilever pasti menggunakan bahan asli dari Indonesia, dan telah terbukti mempunyai khasiat yang positif bagi kulit masyarakat Indonesia.
Produk sabun citra ini mengandung bahan alami dari Indonesia, bahan tersebut adalah bengkoang, bengkoang sudah lam dikenal dalam dunia kecantikan untuk meremajakan dan menyehatkan kulit.
Pasar sasaran  
Sabun kecantikan citra membidik para perempuan yang menginginkan kulit sempurna, bukan hanya kulit putih bersih, akan tetapi kulit putih, bersih dan sehat. Maka produk sabun kecantikan ini cocok digunakan untuk semua kulit, baik remaja maupun ibu-ibu rumah tangga, yakni bagi perempuan yang umur 15-35 tahun.
Perempuan Surabaya khususnya telah terbukti sebagai pasar utama dari sabun kecantikan citra ini, karena perempuan Surabaya mayoritas adalah perempuan sibuk. Disamping sebagai perempuan sibuk, wilayah Surabaya sangat cocok untuk produk ini. Karena sabun citra mengandung tabir surya yang mampu menghalau paparan sinar matahari jahat yang akan merusak kulit, dan akan membuat kulit menjadi kusam. Surabaya adalah kota metropolis kedua setelah ibu kota Jakarta, karena merupakan kota metropolitan yang sangat padat maka tingkat polusi yang ada di Surabaya juga sangat tinggi, perlu kita ketahui bahwa polusi dari kendaraan bermotor ini juga mampu merusak kulit kita. Karena kulit perempuan Indonesia memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga mudah rusak, maka solusinya pakailah sabun citra secara rutin. Sabun ini tidak hanya menjadikan kulit enak di pandang dengan warna yang cerah dan bersih, serta menjadikan kulit wanita Indonesia lebih sehat
Lingkungan (SWOT)
Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, "kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. 
Dalam produk Citra ini kekuatan berarti apa yang ada dalam produk ini dan juga tidak terdapat pada produk sejenis lainnya, dalam hal ini sabun citra mempunyai kekuatan yaitu menjadikan kulit sehat dan cerah, karena mengandung bahan sari bengkoang yang sudah dipercaya sejak dahulu kala, jadi tidak perlu diragukan lagi tentang keunggulan dari produk ini, namun jangan dianggap enteng tentang adanya produk lain yang selalu menjadi saingan dari produk kecantikan unilever ini, maka kita perlu melihat dan mempelajari kelemahan dari produk lain, setelah meluhat kelemahan produk lain maka kita mampu mengisi kekurangan tersebut dengan kekuatan dari produk kita. Setelah mengetahui kekurangan dari produk lain tersebut maka kesempatan akan terbuka lebar, sehingga kita mampu meminimalis kekuatan dari lawan produk kita tersebut. Lawan atau produk sejenis lainnya adalah ancaman bagi produk kita, ancaman tersebut akan menjadi pemicu kita untuk menjadi lebih kuat, sebelum produk lain mengeluarkan varian produk baru seharusnya kita menjadi pemimpin, maka kita harus mendahului mengeluarkan varian yang lebih banyak, namun tidak meninggalkan identitas kita agar pelanggan tidak meninggalkan kita.
Selama ini perempuan Surabaya, kalau memulai aktivitas hanya memakai tabir surya yang didapat dari hand and body lotion untuk menjaga kulitnya, namun perlu diketahui bahwa penggunaan sabun mandi yang berbahan dasar bengkoang juga sangat penting, karena tabir surya dalam lotion hanya mampu melindungi kulit bagian luar saja, untuk melindungi kulit bagian dalam hanya di dapat dari sabun yang kita pakai untuk mandi. Dan itu pula yang terdapat pada sabun Citra sari bengkoang ini
Market Goal
Market goal atau sasaran dari produk sabun kecantikan citra ini adalah semua perempuan yang menginginkan kesempurnaan pada kulitnya, bukan hanya putih dan cerah saja, namun sabun kecantikan ini juga menyehatkan kulit, karena mengandung sari bengkoang yang telah terkenal khasiatnya sudah terkenal sejak dulu untuk menjaga kesehatan kulit serta mencerahkan kulit wanita Indonesia.
Sasaran dari produk ini bukan hanya untuk ibu-ibu rumah tangga saja namun remaja putri juga, Kita semua mengerti bahwa kecantikan wanita bukan pada pertama kali terlihat terpancardari fisiknya, maka dari itu kami menciptakan produk baru keluaran unilever berupa sabun mandi batangan citra, untuk melengkapi kecantikan anda sepanjang hari.
Perempuan Indonesia pada umumnya dan Surabaya pada khususnya, mempunyai aktivitas yang sangat banyak, sehingga terkadang mereka lupa akan kodrat dia sebagai perempuan, sehingga melupakan tentang kecantikan kulit yang ada pada dirinya. Wanita Surabaya banyak yang beraktivitas diluar ruangan sehingga kontak langsung dengan sinar matahari jahat begitu banyak, salah satu cara untuk melindungi kulit tersebut adalah dengan melapisi kulit dengan yabir surya dan juga merawat kesehatan kulit tersebut dari dalam.
Rekomendasi Marketing Public Relations
Sasaran MPR
Sasaran produk sabun kecantikan ini adalah para perempuan yang aktif namun tetap ingin kelihatan cantik dan semangat, dalam hal ini unilever menjawab tantangan itu dengan terciptanya produk sabun kecantikan yang terbuat dari bahan- bahan alami yang ada di Indonesia sehingga cocok dengan kulit perempuan negeri ini.
Bahan sabun mandi cita ini sari buah bengkoang pilihan yang sudah diolah dengan higienis dan ditambah dengan ramuan-ramuan asli Indonesia lainnya yang menunjang serta memaksimalkan sabun citra tersebut, 
Strategi MPR 
Dalam memasarkan produk sabun kecantikan citra, kita perlu memberikan pengetahuan terhadap konsumen tentang pentingnya kesehatan kulit bagi para perempuan, karena produk sabun ini adalah produk baru yang belum semua masyarakat mengerti dan tahu tentang produk keluaran unilever, maka perlu diadakan sosialisasi kepada perempuan perempuan Indonesia pada umumnya dan perempuan Surabaya pada khusunya.
Cara pengenalan produk sabun citra kepada remaja terutama yang masih duduk di sekolah, dengan cara mendatangi sekolah-sekolah tesebut dan mengadakan seminar tentang kesehatan kulit, dan bagi peserta seminar diberikan sabun citra secara Cuma-Cuma, sehingga setelah mengetahui fungsi dan manfaat dari sabun tersebut maka mereka akan menggunakan produk tersebut. Bisa juga dengan mengadakan perlombaan kulit sehat, dan produk unilever akan memberikan hadiah yang menarik, dalam acara tersebut citra memberikan konsultasi gratis dan mendirikan rumah cantik citra disekolah tersebut sehingga mereka akan mengenal lebih dekat dengan produk tersebut.
Bagi ibu-ibu rumah tangga, cara pengenalan produk citra dengan mendatangi perkumpulan-perkumpulan semisal arisan atau acara lainnya seperti pengajian. Dalam acara tersebut pihak unilever memberikan produk sabun citra secara gratis sebagai perkenalan. Lain halnya dengan wanita karier yang memiliki waktu luang yang minim, maka kita sebagai pihak produsen harus lebih aktif untuk menjemput bola, dengan cara mendatangi perkantoran-perkantoran atau tempat kongkow- kongkow mereka.
Rekomendasi MPR
Program ini berguna untuk mengenalkan dan menciptakan kecintaan masyarakat Indonesia terutama para perempuan untuk lebih mencintai produk-produk dalam negeri, karena produk dalam negeri terbuat dan dibuat di Indonesia sehingga lebih cocok dengan kulit perempuan Indonesia. Rawatlah kulit sedini mungkin sebelum penyesalan dating menimpa anda, kulit yang sehat cerah terawatt adalah idaman setiap wanita, dengan kulit yang sehat dan cerah, maka kepercayaan diri akan tercipta dengan sendirinya. Merawat kulit agar tetap sehat dan cerah tidaklah sulit dan mahal, karena adanya produk baru dari unilever, yakni sabun mandi citra yang terbuat dari sari bengkoang pilihan, yang sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai pencerah dan menjaga kesehatan kulit.
Kalau bukan kita warga Indonesia maka siapa lagi yang akan mencintai produk-produk putra pertiwi ini. Karena produk dalam negeri tidak kalah dengan produk import, serta produk dalam negeri pasti diciptakan untuk kulit daerah tropis.
Media
Media yang cocok dalam pengenalan produk terbaru sabun citra ini adalah iklan melalui media televisi, dalam pemasangan iklan tersebut sebaiknya pada saat jam-jam konsumtif yakni antara jam 8 pagi sampai jam 8 malam, karena pada jam- jam tersebut banyak acara yang diminati ibu-ibu serta remaja putri, semisal sinetron yang sedang naik daun. Dengan media televisi tujuan yang ingin dicapai akan lebih mengena kekonsumen, karena media televisi lebih nyata dan lebih mudah mempengaruhi.
Media promo yang tidak kalah pentingnya adalah pengadaan event-even berupa konser atau seminar untuk para remaja dengan mendatangi ke sekolah sekolah tempat mereka belajar, sehingga mereka mengenal produk keluaran unilever terbaru ini bukan hanya di televisi atau dikoran, namun mereka akan bertemu langsung dengan para pakar kesehatan kulit. Acara ini juga dengan menghadirkan beberapa artis yang menjadi brand ambassador dari produk sabun ini supaya mereka mampu menceritakan pengalaman sebelum dan sedudah memakai sabun tersebut. Dalam acara tersebut hendaknya dibagikan sabun secara gratis dan diadakan konsultasi gratis dengan dokter kulit, serta dibagikan selebaran tentang produk tersebut. Fungsinya, supaya mereka dengan sendirinya memberikan penilaian terhadap sabun citra, sehingga setelah mereka menggunakan produk tersebut, akan merasakan perubahan pada kulitnya, pastinya perubahan yang positif, dengan semakin cemerlang dan sehat setelah memakai sabun citra ini, sehingga mereka akan selalu menggunakan produk unilever untuk kebutuhan sehari hari supaya kulit indahnya tetap terjaga.
Evaluasi
Mengadakan acara open house dengan cara mengadakan event disekolah sekolah ternama di Surabaya dengan diiringi dengan band band terkenal dari kota Jakarta, pengunjung yang di prediksi hanya 1000 orang ternyata yang dating lebih dari 3000 orang sehingga pelayanan yang diberikan oleh pihak unilever kurang maksimal, dan masih banyak pelanggan yang kurang puas dengan jawaban yang diberikan pada sesi Tanya jawab atau konsultasi, Karena pihak unilever hanya menyediakan waktu 15 menit tiap orangnya, dan dokter kulit atau pakar kesehatan yang membantu dalam program ini hanya 10 orang, sehingga mereka sangat kuwalahan, namun persediaan sabun citra gratis mencukupi untuk semua pengunjung dan berjalan tertib. Sehingga kurang puasnya pengunjung terobati dengan diberikannya sabun gratis dan juga hiburan yang diberikan oleh panitia. Dari segi fasilitas yakni lapangan sekolahan, ternyata mampu menampung 3000 pengunjung yang hadir biarpun situasi dirasa kurang nyaman, karena terlalu banyaknya pengunjung, namun bisa dibilang acara ini sukses.
Kesimpulan
Acara open house dengan mendatangkan bintang tamu band dari Jakarta yang diselenggarakan di lapangan sekolah SMU ternama di Surabaya berjalan dengan lancar dan sukses, dengan dihadiri 3000 pengunjung yang mayoritas remaja putri, acara tersebut selain mmembagikan sabun citra secara gratis juga ada acara konsultasi gratis tentang kulit yang dihadiri oleh dokter specialist kulit serta ahli kecantikan yang sudah mempunyai kredibilitas yang mumpuni di masyarakat. Namun acara ini kurang sempurna, karena jumlah pengunjung yang diprediksi hanya berkisar 1000 orang ternyata yang hadir 3000 an orang, sehingga terjadi beberapa hal yang terjadi diluar prediksi pihak panitia. Untuk mencegah terjadinya kejadian yang kurang berkenan seperti diatas, maka untuk event yang akan dating seharusnya mengadakannya di acara tersebut ditempat yang lebih luas lagi, dan mendatangkan konsultan kecantikan lebih banyak lagi sehingga semua pengunjung menjadi puas dngan event tersebut. 
Pengalaman baik adalah guru yang terbaik namun pengalaman yang kurang baik hendaknya menjadikan pelajaran bagi kita untuk menjadi yang lebih baik. Dengan adanya pengalaman ini maka pihak unilever mempunyai selangkah lebih maju disbanding dengan produk lain yang sejenis, karena event event yang diadakan oleh unilever lebih variatif dan lebih dapat menarik minat pengunjung dengan hiburan serta acara yang menarik dan bermanfaat.

















DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar